Sabtu, 21 Januari 2017

CARA BETERNAK KELINCI UNTUK PEMULA

CARA BETERNAK KELINCI UNTUK PEMULA

Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula - Hai Sobat sapicool, beternak kelinci bisa menjadi alternatif pemasukan tambahan atau bahkan sumber pemasukan utama bagi para pencinta hewan. Namun sayangnya, kebanyakan pencinta hewan kelinci di Indonesia belum banyak menangkap peluang tersebut, mereka lebih condong ke arah hobi untuk mengisi waktu luang dengan memelihara kelinci tanpa ada niatan untuk mengembangkan peternakan sendiri. Padahal pasar kelinci di Indonesia masih terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan bagi para peternaknya.

Para pencinta kelinci bisa mulai beternak dengan skala rumahan dengan modal yang sangat kecil. Kandang-kandang kelinci bisa diletakkan di sekitar rumah tanpa perlu menyiapkan lahan dan bangunan khusus. Indukan kelinci yang akan diternakkan pun cukup dua atau tiga pasang saja, sehingga biaya pakan dan perawatan tidak terlalu besar. Begitu keuntungan sudah didapatkan, para pencinta kelinci bisa memperbesar skala peternakannya sedikit demi sedikit.

Menarik bukan Sob? Bila Sobat pecinta kelinci yang ingin mencoba beternak skala rumahan, ane sarankan untuk segera saja memulainya tanpa perlu banyak berpikir karena Sobat sudah punya modal yang paling penting, yaitu kecintaan terhadap kelinci dan sedikit banyak sudah mengerti pola-pola pemeliharaan kelinci. Namun perlu diingat, memelihara untuk sekedar hobi dengan beternak sangat berbeda, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan sebelum memulainya.

Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai beternak kelinci skala rumahan dan tahapan-tahapannya :
  • Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah tempat di mana kandang kelinci akan diletakkan. Kandang harus diletakkan di tempat yang tidak bising, jarang orang yang berlalu lalang, mendapatkan sinar matahari dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Perlu diingat, letakkan kandang jauh dari tempat makan dan dapur.
Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula Bisnis Rumahan Modal Kecil
  • Selanjutnya siapkan kandang kelinci yang akan digunakan. Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan banyaknya kelinci yang akan diternakkan dan luas ruangan yang digunakan. Untuk lebih praktisnyakarena ini peternakan skala rumahan, para pencinta kelinci bisa membeli kandang yang cocok di toko hewan peliharaan. Nantinya bila skala peternakan semakin besar, kandang bisa dibuat sendiri untuk menekan modal pembelian kandang.
Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula Bisnis Rumahan Modal Kecil
  • Kemudian, siapkan indukan yang akan diternakan. Indukan memegang peranan yang paling penting dalam kesuksesan beternak kelinci. Belilah indukan yang benar-benar bagus di tempat yang terpercaya, jangan tergiur harga murah. Mungkin anda akan mengeluarkan modal paling besar untuk membeli indukan.
Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula Bisnis Rumahan Modal Kecil
  • Pakan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Biasanya para peternak kelinci mengkombinasikan antara pakan pelet dan pakan sayuran. Namun ada beberapa peternak yang hanya menggunakan pelet dengan alasan kemudahan dan kandungan gizi yang lebih lengkap. Pada dasarnya jenis pakan yang akan diberikan sepenuhnya adalah pilihan para peternak, namun para peternak harus mencermati hitung-hitungan bisnis agar usaha peternakannya tetap menguntungkan. Pakan pelet pabrikan memiliki harga yang cukup mahal tergantung kualitasnya, bila kelinci yang diternakkan adalah kelinci hias ras mahal, berikan pakan pelet terbaik karena harga jual akhir akan tetap menguntungkan, bila kelinci yang diternakkan adalah kelinci hias ras biasa atau kelinci pedaging sebaiknya kombinasikan dengan pakan libah sayuran.
Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula Bisnis Rumahan Modal Kecil
  • Pemberian pakan bisa dilakukan pada pagi dan siang hari, yang terpenting jangan campurkan antara pakan pelet dengan sayuran pada saat pemberian pakan. Pelet bisa diberikan pada pagi hari dan sayuran pada sore hari atau sebaliknya. Beberapa buku dan literatur menyebutkan, kelinci membutuhkan pakan sebesar 5-6% berat tubuhnya, sehingga para peternak perlu memberikan pakan secara cermat, jangan terlalu berlebihan dan jangan sampai kekurangan.
Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula Bisnis Rumahan Modal Kecil
  • Bila indukan kelinci sudah siap kawin, maka indukan tersebut akan kawin dengan sendirinya. Perkawinan bisa dilakukan dengan mencampurkan satu indukan jantan dengan satu indukan betina atau mencampurkan satu indukan jantan dengan tiga indukan betina. Selalu perhatikan indukan-indukan tersebut, apakah terjadi perkawinan atau tidak dan perhatikan pakan yang diberikan agar nutrisi yang dibutuhkan kelinci terpenuhi.
Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula Bisnis Rumahan Modal Kecil

Langkah-langkah Cara Beternak Kelinci Untuk Pemula di atas merupakan langkah yang paling sederhana untuk memulai usaha ternak kelinci skala rumahan, perlu langkah-langkah yang lebih banyak lagi agar usaha peternakan lebih menguntungkan. Bila Sobat sapicool pencinta kelinci tentu sudah memiliki banyak referensi untuk mengembangkan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba..
 
 
 
sumber : sampahblog.2015.budidaya kelinci.http://www.sampahblogger.com/2015/05/cara-beternak-kelinci-untuk-pemula.html.diakses pada 21 januari 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ANTRAKS

B. anthracis  adalah bakterium pertama yang ditunjukkan dapat menyebabkan penyakit. Hal ini diperlihatkan oleh Robert Koch pada tahun 1877...