ANALISIS
MATRIK SWOT DAN DIAGRAM MATRIK SWOT PT. TELKOM
Analisis Matrik SWOT
Berdasarkan hasil-hasil yang didapat dari
analisis internal dan eksternal pada Tabel seperti dituliskan di atas,
hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Skor Total Kekuatan = 2,9
2. Skor Total Kelemahan = – 2,4
3. Skor Total Peluang = 3,7
4. Skor Total Ancaman = -3,04
Dari hasil perhitungan di atas, di dalam
perhitungan strateginya memerlukan penegasan dari adanya posisi dalam
salib sumbu yaitu antara kekuatan dan kelemahan, maupun peluang dan ancaman
yang kesemuanya digambarkan dalam garis-garis positif dan negatif. Hal ini
mengakibatkan, skor total kekuatan tetap 2,9, skor total kelemahan menjadi –2,4
sedangkan skor total peluang 3,7, dan skor total ancaman menjadi –3,04.
Dari analisis tersebut di atas bahwasanya
faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor
peluang sedikit lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk berada pada kwadran 1 yang berarti pada
posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk yang KUAT, dengan lingkungan yang
sedikit MENGANCAM.
Untuk mencari koordinatnya, dapat dicari
dengan cara sebagai berikut:
•Koordinat Analisis Internal
(Skor total Kekuatan – Skor Total
Kelemahan) : 2 = ( 2,9 – 2,4 ) : 2 = 0,25
•Koordinat Analisis Eksternal
(Skor total Peluang – Skor Total Ancaman)
: 2 = (3,7 – 3,04) : 2 = 0,33
•Jadi titik koordinatnya
terletak pada (0,25 ; 0,33)
berikutnya, hasil koordinat tersebut disajikan pada diagram matrik swot
untuk mengetahui posisi perusahaan
DIAGRAM MATRIKS SWOT
Setelah diketahui titik pertemuan
diagonal-diagonal tersebut(X), maka posisi unit usaha diketahui pada kuadran I .
Hasil perhitungan dari masing-masing kuadran dapat digambarkan pada tabel
berikut ini :
Kuadran
|
Posisi
titik
|
Luas
matrik
|
Ranking
|
Prioritas
Strategi
|
I
|
( 2.9 ;
3.7 )
|
10.73
|
1
|
Growth
|
II
|
( 2.4 ;
3.7 )
|
8.88
|
2
|
Stabilitas
|
III
|
( 2.4 ;
3.04 )
|
7.29
|
4
|
Penciutan
|
IV
|
( 2.9 ;
3.04 )
|
8.81
|
3
|
Kombinasi
|
Keterangan :
- Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang ada.
- Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
- Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
- Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Strategi Bisnis Unit
Tahapan berikutnya adalah menentukan
alternatif strategi bisnis unit berdasarkan letak posisi kuadran. berdasarkan
pada diagram matrik swot diatas, PT. Telkom Indonesia Tbk terletak pada posisi
Kuadran I. Masing-masing jenis strategi perkembangan bisnis unit dapat
digambarkan pada Diagram Matrik Strategi Umum berikut ini:
Posisi PT. Telkom Indonesia Tbk terletak
pada kuadran I dan menggunakan strategi umum Diversifikasi Konsentrik, yaitu Menambah
produk-produk baru yang saling berhubungan untuk pasar yang sama. Penjelasan
alternatif strategi yang dipilih adalah sebagai berikut :
Prioritas
memperkuat portofolio bisnis media and
edutainment sekaligus merevitalisasi jaringan kabel dengan membuat produk baru
berupa Groovia TV yang memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pelanggan
untuk record, pause dan rewind tayangan TV favoritnya. Selain itu ada fasilitas
video on demand (VoD), game on line bahkan karaoke.
Faktor Penentu Keberhasilan
- Inovasi Produk Baru Telkom yang variatif dan beragam
- Kualitas Pelayanan yang baik yang dibarengi dengan pertumbuhan jumlah pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar